SOSIALISASI BUDIDAYA IKAN YANG BAIK DAN BENAR ITU SANGAT PENTING

22/01/2024 – Banyak masyarakat yang sering mengabaikan pentingnya melakukan budidaya ikan yang baik dan benar. Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) adalah cara memelihara dan/atau membesarkan ikan serta memanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol sehingga memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan dari pembudidayaan dengan memperhatikan sanitasi, benih, pakan, obat ikan dan bahan kimia serta bahan biologis. Tujuan dari CBIB untuk meningkatkan mutu hasil perikanan dan terjaminnya keamanan pangan dari produk perikanan. Melalui program ini diharapkan manyarakat dapat mengetahui betapa pentingnya melakukan budidaya ikan yang baik dan benar.

Mahasiswa Universitas Diponegoro melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) memberikan informasi tentang Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) pada warga di Desa Cibuyur. Pentingnya penerapan CBIB pada kegiatan budidaya menjadi kunci keberhasilan budiaya yang akan dilakukan. Pemilihan benih berkualitas, tahan penyakit, pemberian pakan yang sesuai, dan memenuhi nutrisi ikan merupakan penunjang keberhasilan pertumbuhan serta survival rate ikan yang dikombinasikan dengan pengaturan kondisi kualitas air yang baik. Selain itu, pengelolaan kualitas air juga sangat penting dalam keberjalanan kegiatan budidaya.

Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat yang beradi di Desa Cibuyur dapat mendapatkan hasil produksi budidaya yang baik dan aman bagi manusia maupun lingkungan. Serta masyarakat mengetahui begitu pentingnya melakukan budidaya ikan yang baik dan benar. Sehingga saat masyarakat melakukan kegiatan usaha budidaya tidak terjadi kegagalan dalam usaha budidaya perikanan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright Themes © 2023