Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Desa Cibuyur Mengusung Program Sekolah Dasar Berbasis Lingkungan Vertical Garden

Pemalang (16/1). Mahasiswa KKN TIM 1 Undip Menyelenggarakan program pengajaran menanam dengan teknik vertical garden di MI Al-Amin Desa Cibuyur. Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan untuk guru MI Al-Amin Desa Cibuyur dalam hal kepedulian terhadap lingkungan dan pentingnya menghijaukan lingkungan di sekolah. Program ini merupakan salah satu program keilmuan yang dilakukan oleh Mahasiswa Agroekoteknologi UNDIP. Program ini dilatarbelakangi lingkungan MI Al-Amin Desa Cibuyur yang belum banyak terdapat tanaman. Dengan demikian, aplikasi penanaman vertical garden akan meningkatkan pengetahuan tentang teknik menanam agar lingkungan terlihat lebih indah untuk dipandang dan tidak monoton.

Tujuan program ini adalah untuk memberikaan pelatihan kepada guru MI Al-Amin Desa Cibuyur tentang konsep, macam-macam, dan manfaat dari penanaman tanaman dengan teknik vertical garden, serta memberikan pemahaman tentang penggunaan bahan bekas disekitar. Program ini dimulai dengan pelatihan kepada seluruh guru MI Al-Amin Desa Cibuyur pada pukul 09.00 di ruang guru. Program diawali dengan pemaparan materi yang berisi edukasi pentingnya menanam untuk lingkungan sekitar yang nantinya guru dapat mengajarkan kepada muridnya dan juga dapat menerapkan kegiatan menanam dengan teknik vertical garden kapan saja. Selanjutnya dilakukan juga kegiatan praktik menanam teknik vertical garden dengan bahan bekas (botol) yang sudah disiapkan kepada siswa-siswi MI Al-Amin Desa Cibuyur. Pemilihan tanaman yang digunakan yaitu selada hijau dan selada merah dilatarbelakangi dengan tanamannya yang mudah tumbuh, perawatannya yang mudah, dan agar dapat menambah pengetahuan untuk peserta tentang jenis tanaman sayuran dan pentingnya menanam sayuran.

Sesi program kerja KKN UNDIP disambut dengan sangat antusias oleh para guru dan siswa-siswi MI Al-Amin Desa Cibuyur. Mereka sangat senang dan ingin mengaplikasikan teknik vetical garden di lingkungan sekolah dan rumah masing-masing. Guru MI Al-Amin Desa Cibuyur mendapatkan output berupa modul dan beberapa tanaman vertical garden yang digantung di lingkungan sekolah. Hal lain yang berhasil didapatkan juga mengenai pemahaman pentingnya kepedulian terhadap lingkungan dengan menanam dengan teknik vertical garden dan upaya pemanfaatan bahan bekas. Harapannya, program kerja ini dapat mendorong lebih banyak orang untuk turut serta dalam menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *