KKN Tim I UNDIP: Pemaksimalan Potensi UMKM di Desa Cibuyur dengan Sosialisasi Digital Marketing dan Pemanfaatan E-Commerce

Pemalang (31/1). Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro di Desa Cibuyur mengadakan program Sosialisasi Digital Marketing dan Pemanfaatan E-Commerce. Program ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi di Desa Cibuyur untuk memberikan edukasi sekaligus pelatihan percobaan untuk melakukan pendaftaran UMKM menggunakan E-Commerce yaitu Shopee. Pada program ini memiliki tujuan kepada masyarakat yang memiliki usaha untuk meningkatkan penjualan sehingga dapat lebih dikenal oleh publik.

Pada sosialisasi ini, dijelaskan mulai dari pendaftaran akun google, pendaftaran akun shopee, pendaftaran toko, hingga pendaftaran lokasi yang akan tersedia di Google Maps agar lebih mudah dalam mengelola toko tersebut. Selain itu, pada sosialisasi ini juga dijelaskan mengenai pentingnya E-Commerce di era saat ini yang mana menggunakan teknologi. Masyarakat luas lebih banyak tertarik dalam melakukan transaksi jual beli secara online karena kemudahan yang diberikan dalam melakukan transaksi. Pembeli hanya cukup membuka ponsel pintarnya di manapun dan melakukan transaksi untuk membeli barang yang dibutuhkan oleh pembeli, selanjutnya penjual hanya perlu menyiapkan barang dan pengiriman kepada pembeli. Penjual dan pembeli tidak perlu bertemu untuk melakukan transaksi jual beli dan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Keuntungan-keuntungan yang diberikan tersebut menjadi daya tarik bagi masyarakat yang lebih luas.

Oleh karena itu, pentingnya pengenalan dunia digital kepada masyarakat perlu dilakukan untuk meningkatkan ekonomi dan pendapatan bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *