Sosialisasi QRIS untuk Meningkatkan Penjualan UMKM di Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring

Kabupaten Pemalang (18/01/2024),  Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro tahun 2024 mengadakan sosialisasi tentang manfaat penggunaan dan cara pembuatan QRIS guna meningkatkan penjualan serta mempermudah pembayaran non-tunai (cashless) bagi  UMKM yang beroperasi di Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang. Program ini diimplementasikan melalui kunjungan langsung UMKM yang dikelola langsung oleh masyarakat Desa Cibuyur.

Sistem pembayaran digital QRIS, atau yang sering disebut dengan Quick Response Code Indonesia Standard, adalah sebuah metode pembayaran berbasis digital. QRIS pertama kali diperkenalkan oleh Bank Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2019 dengan tujuan untuk mempercepat, meningkatkan keamanan, dan memudahkan proses transaksi pembayaran. Di era modern saat ini, QRIS dapat menjadi contoh nyata inovasi teknologi yang dapat diimlementasikan pada pelaku UMKM agar dapat beradaptasi terhadap teknologi pembayaran non-tunai. QRIS bisa terhubung ke berbagai mobile banking, dompet digital, maupun aplikasi penyedia jasa pembayaran non-tunai dengan hanya menggunakan satu QR Code. Pelaku usaha hanya butuh satu QRIS untuk menerima pembayaran oleh pelanggan yang menggunakan aplikasi pembayaran digital.

QRIS adalah terobosan bermanfaat yang tidak hanya menguntungkan bagi pelaku UMKM, tetapi juga bagi konsumen dalam meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran. Dengan QRIS, transaksi akan jauh lebih mudah, dapat terhindar dari uang palsu, lebih banyak alternatif pembayaran, serta transaksi tercatat otomatis dan bisa dilihat setiap saat.

Namun, masih minimnya pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh para pelaku UMKM terhadap perkembangan digital, berpengaruh kepada sulitnya menerapkan inovasi QRIS di proses transaksi pembayaran produk UMKM. Pada kesempatan tersebut, mahasiswa KKN UNDIP melakukan sosialisasi kepada enam pelaku UMKM mengenai manfaat dari QRIS dan bagaimana cara membuatnya dengan memberikan lembaran brosur yang berisikan informasi seputar QRIS.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi para pelaku UMKM, khususnya di wilayah Desa Cibuyur untuk meningkatkan efisiensi pada transaksi pembayaran sehingga lebih cepat dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *