KKN Tim I UNDIP: Pembuatan Tempat Sampah Otomatis Guna Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kabupaten Pemalang (17/01/2024),  Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro tahun 2024 melakukan pembuatan tempat sampah otomatis guna menjaga kebersihan lingkungan di Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang. Tempat sampah otomatis ini dibangun dan dirancang menggunakan alat elektronika yaitu arduino dengan sensor-sensor yang digunakan agar tempat sampah tersebut dapat terbuka dan tertutup otomatis.

Tempat sampah otomatis ini dibangun dengan tujuan untuk menjaga kebersihan tangan dari kotoran yang menempel di tempat sampah tersebut dengan harapan lingkungan khususnya di Desa Cibuyur tetap terjaga sehingga masyarakat dapat hidup sehat.

Tempat sampah otomatis ini dapat terbuka dan tertutup secara otomatis dengan cara meletakkan sampah di deppan tempat sampah dalam waktu beberapa detik. Kemudian setelah sampah tersebut masuk ke dalam tempat sampah, maka tempat sampah tersebut dapat menutup kembali sehingga tangan tidak perlu menyentuh tempat sampah tersebut.

Dengan adanya perancangan dan pembuatan tempat sampah otomatis ini akan memberikan kesadaran bahwa menjaga lingkungan dari sampah sangat penting agar tetap menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit-penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *