JAMBORE DESA DIGITAL HANYA ADA DI PEMALANG

GAMBAR 1
Onno W. Purbo Pakar IT Indonesia menyampaikan materi tentang Cyber Security.

Pemalang, 12 November 2022, berlangsung kegiatan JAMBORE DESA DIGITAL 2022 yang diselenggarakan oleh Dinpermasdes Kabupaten Pemalang dengan Puspindes Pemalang. Acara ini menghadirkan pakar IT Indonesia, Bapak Onno W. Purbo, Praktisi IoT Bapak Andri Johandri, dan Ketua IKTTI (Ikatan Konsultan Teknologi Informasi Indonesia) Bapak Teddy Sukardi.

Diawali dengan pembukaan pukul  14.30 WIB, sesi pertama yang diisi oleh Bapak Onno W. Purbo, yaitu workshop “Cyber Securiry”. Apasih cyber security itu ? Cyber security adalah teknologi, proses dan praktik yang dirancang untuk melindungi jaringan, komputer, program dan data dari serangan, kerusakan atau akses yang tidak sah. Cyber security juga disebut sebagai upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attackCyber attack dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersedian (availability) informasi.

Bapak Onno W. Purbo mejelaskan tentang pentingnya pengetahuan Cyber Security bagi desa. Keamanan data untuk masyarakat desa harus dijaga, apalagi sekarang sedang tenar serangan Hacker yang mencuri data di Republik Indonesia ini. Melalui workshop tentang Cyber Security ini diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaannya mengenai data pribadinya.

Gambar 2
Plt. Bupati Pemalang Bapak Mansur Hidayat, S.T hadir mengisi sesi diskusi panel pada malam hari.

Dilanjutkan pada sesi malam yaitu diskusi panel Bersama Bapak Mansur Hidayat, S.T sebagai Plt. Bupati Pemalang. Beliau mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Pemalang terus melakukan sejumlah upaya mewujudkan program Desa Digital (DEDI). Salah satunya, dengan menggelar kegiatan Jambore Desa Digital 2022 dengan tema Pemalang Desa Pintar Berdigital. Harapannya agar semua Desa di Kabupaten Pemalang bisa menyesuaikan perkembangan jaman yang semakin maju dan mengandalan teknologi digital. Pemanfaatan data digital suatu desa akan mengintegrasikan semua bidang sehingga sistem ini mampu mempermudah seluruh perangkat desa, dinas, bahkan warganya untuk mendukung pelayanan publik.

Gambar 3
Hari ke dua workshop materi Literasi Digital oleh Ketua IKTII (Ikatan Konsultan Teknologi Informasi Indonesia).

Hari ke dua Jambore materi diisi oleh Ketua IKTTI (Ikatan Konsultan Teknologi Informasi Indonesia) Bapak Teddy Sukardi. Materi yang sangat menarik yaitu tentang “Literasi Digital”,  Literasi digital khususnya bagi desa akan menciptakan sebuah tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis-kreatif, sehingga mereka tidak akan mudah tertipu yang berbasis digital seperti menjadi korban informasi hoaks.

Yang menjadi faktor pendukung dalam upaya mebangun literasi digital bagi pemerintah desa adalah komitmen kebijakan pemerintah Kabupaten Pemalang untuk mengembangkan kapasitas SDM admin desa dalam penggunaan teknologi informasi dalam pemerintahan, tersedianya sarana prasarana digital dalam menunjang program, dan adanya dana desa yang dapat dianggarkan untuk pengembangan sistem digitalisasi pelayanan publik di tingkat desa.

 

Gambar 4
kegiatan OutBond Pemanfaatan Internet Desa

Gambar

Selain itu, di hari ke dua Jambore, dilaksanakan OutBond “Pemanfaatan Internet Desa” yang di lakukan di luar ruangan agar mendapat suasana baru dalam mempelajari materi. Kegiatan OutBond juga bermanfaat sebagai sarana meningkatkan kebersamaan dan kekompakan tim.

Harapannya kegiatan Jambore IT di Pemalang akan diadakan setiap tahun, karena pelatihan dan pengembangan SDM dalam bidang IT Desa berguna untuk meningkatkan keahlian/skill para admin desa agar kualitas admin dalam mendukung Desa Digital di Kabupaten Pemalang semakin meningkat.

 

Penulis : Admin Desa

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright Themes © 2023